Selamat Datang Di Weblog http://delphiscript.blogspot.com, Mari Kita Belajar Bersama Tentang Blogging, dan Internet Marketing
"Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan" [Q.S Luqman : 6]

Mencicipi Visual Basic di Ubuntu 9.10 (Karmic Koala), Gambas


Jika Anda adalah programmer Visual Basic atau setidaknya mahasiswa (pernah kuliah) di Teknik Informatika atau sejenisnya pasti dunk Anda mengerti minimal sedikitlah mengenai Visual Basic, yup sebuah Integrated Development Environment (IDE) untuk mengembangkan aplikasi komputer menggunakan bahasa pemrograman Basic.

Di OS Ubuntu (Linux) ada alternatif untuk Microsoft Visual Basic yaitu Gambas (Jika Anda orang jawa pasti tertawa, karena gambas itu artinya adalah sejenis sayuran -red). Gambas itu artinya Udang, tapi mengapa disebut dengan Gambas?? he.. saya tidak tahu pasti, namun biasanya project2 opensource khususnya bahasa pemrograman diberi nama dengan nama-nama binatang sebut saja python, camel, bonobo dll.

Memang Gambas merupakan alternatif Ms Visual Basic di OS Ubuntu, karakteristiknya pun relatif sama, namun Gambas bukan kloning dari Visual Basic. Bahkan ketika pihak Gambas ditanya “Is Gambas compatible with Visual Basic™?” mereka jawab “No, and it will never be! Fortunately, there are many similarities, but do not expect to take your old Visual Basic code and run it on Gambas without any change”. Jadi intinya, tidak ada ceritanya bahwa Gambas itu akan kompatible dengan Ms Visual Basic, memang sih mereka mengakui bahwa Gambas memiliki banyak kemiripan dengan Visual Basic, namun hal itu tidak lantas membuat kita bisa menggunakan kode Visual Basic kita untuk dijalankan di Gambas tanpa perubahan sedikitpun.

Gambas juga tidak dibuat untuk kompatible dengan framework .Net ataupun Java, Gambas tidak mau tergantung pada mereka karena Gambas bukan Microsoft ataupun SUN Microsystem, bahkan IDE Gambas sendiri dibuat dengan menggunakan Gambas. Gambas ingin menjadi bahasa pemrograman yang simple namun powerfull. Gambas juga telah mendukung database PostgreSQL, MySQL, dan SQLite.

Sedangkan bagi Anda para Delphier, maka Anda jangan berkecil hati.. Anda hanya butuh merubah sedikit paradigma Anda dalam programming maka Anda akan bisa menguasai Gambas dengan cepat, namun tentu saja sebaiknya jangan berfikir untuk membuat aplikasi berbasis Windows (atau sistem operasi lain) menggunakan Gambas. Gambas dibuat untuk menciptakan aplikasi-aplikasi di OS Linux, meski mereka (pihak Gambas -red) mengatakan bahwa dikemudian hari Gambas akan menjadi aplikasi multiplatform yang berjalan disemua sistem operasi.

Akhirnya saya hanya bisa berpesan “Happy Programming in OS Ubuntu” dan silahkan merasakan kelezatannya.. :)





Artikel yang berhubungan..