Selamat Datang Di Weblog http://delphiscript.blogspot.com, Mari Kita Belajar Bersama Tentang Blogging, dan Internet Marketing
"Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan" [Q.S Luqman : 6]

Adakah Jasa Instalasi Software OS Ubuntu?

“Adakah jasa instalasi software OS Ubuntu?”, saya tidak tahu pasti, ada atau enggak, soalnya saya memang tidak pernah mencarinya, tapi saya kira banyak.. atau setidaknya banyak yang mau membantu Anda untuk menginstalasi OS Ubuntu pada komputer Anda, contohnya saya sendiri (Hafid Mukhlasin Hp. 081559915720 Domisili Jakarta Selatan – Blok M) dengan senang hati (kalo waktu lagi luang n akomodasi ditanggung :) ) membantu Anda menginstalasi OS Ubuntu pada komputer Anda.

Sebenarnya mudah saja menginstalasi OS Ubuntu pada komputer, sebagaimana yang telah saya katakan pada artikel sebelumnya bahwa hal itu semudah Anda melakukannya pada OS Windows. Namun jika install OS Windows aja Anda belepotan, maka mungkin hal yang sama juga terjadi ketika Anda menginstall OS Ubuntu.

Saya kira banyak orang yang ingin beralih ke opensource atau free (OS Ubuntu dsb), namun ketakutan yang sebenarnya sangat tidak berdasar itu menjadi alasan bagi mereka untuk tetap menggunakan yang bajakan he.. peace. Jika mereka mengerti dan yakin bahwa OS Ubuntu adalah OS yang seramah OS Windows maka ketakutan itu tidak akan ada. Meski telah mengerti namun belum tentu juga mereka akan bergegas untuk segera menggunakannya. Beberapa orang mungkin butuh seseorang untuk memandu dalam penggunaanya dan menjelaskan banyak hal tentang itu :).

Beberapa orang ingin :
1.Mencoba dulu OS Ubuntu, dan tidak menggunakannya 100% jadi menggunakan Dual Booting, kalo lagi pengen bisa menggunakan OS Ubuntu atau kalo tidak bisa balik ke OS Windows.
2.Tetap menggunakan aplikasi-aplikasi OS Windows pada OS Ubuntu karena merasa sudah familier dengan aplikasi tsb atau setidaknya ada aplikasi sejenis yang sama mudahnya.
3.Agar cara menggunakan OS Ubuntu dan aplikasinya sama persis dengan penggunaannya di OS Windows.
4.Ada orang yang meyakinkan, bahkan menjamin bahwa OS Ubuntu itu memang bisa menggantikan OS Windows pada komputernya. Kalo perlu menginstalkan OS Ubuntu pada komputernya.
5.Semua datanya bisa dibuka dalam OS Ubuntu misal doc, xls, ppt, chm, exe, dll
6.dst

Saya hanya akan tersenyum mengetahui beberapa keinginan itu, bukan karena ingin mengejek, namun hal itu yang terjadi pada saya sebelumnya.. namun saya telah mendapatkan jawabannya sekarang.

Jawaban atas keinginan tersebut:
1.Yup.. kita bisa mencoba OS Ubuntu, kan ada Ubuntu live CD dimana kita tidak perlu melakukan instalasi apapun dikomputer kita, atau kita bisa menginstall OS Ubuntu disamping OS Windows kita sehingga kita bisa memilih mau booting pakai apa.
2.Yup.. di OS Ubuntu ada aplikasi bernama “WINE” yang memungkinkan Anda menginstal atau menjalankan aplikasi-aplikasi OS Windows Anda misal : Ms Office, Winamp, Dreamweaver, Photoshop dll. Saya sendiri kadang-kadang masih menggunakan Adobe Firework untuk mengedit gambar atau foto karena masih belum familier dengan aplikasi sejenis di OS Ubuntu yaitu GIMP. Aplikasi sejenis banyak, misal : Audacious di OS Ubuntu bisa digunakan semudah Winamp di Windows, OpenOffice di OS Ubuntu bisa digunakan semudah Ms Office di OS Windows dll.
3.Kalo sama persis sih enggak. Tapi ya mirip banget hehehe.
4.Ada nggak ya yang menjamin? Udah gratis minta jaminan he.. sebenarnya dengan begitu besarnya pengguna OS Ubuntu diseluruh dunia itu sudah cukup menjamin bahwa OS Ubuntu memang cukup memadai. Seperti yang saya katakan diatas bahwa saya siap menginstalkannya untuk Anda (but not free).
5.Semua data Anda bisa dibuka di OS Ubuntu dengan baik.. ada beberapa data misal CHM, Mp3 tidak langsung bisa dibuka, melainkan kita harus instal dulu semacam pluginnya.. namun itu mudah sekali..
6.dst... Udah jangan cari-cari alasan lagi hehehe.

Beberapa orang khawatir :
1.Terkendala atau tidak bisa melakukan aktifitas (kerja) pada komputernya setelah di install OS Ubuntu.
2.Akan parno ketika menggunakan OS Ubuntu.. karena tidak terbiasa.
3.Mendapat banyak masalah dengan komputernya.. atau OS Ubuntu tidak berjalan stabil pada komputernya
4.Data-datanya akan terhapus misal harddisk terformat sehingga datanya hilang semua saat proses instalasi, karena salah dalam proses instalasinya
5.Tidak ada tempat bertanya dan menyelesaikan masalah dalam penggunaan OS Ubuntu
6.Memulai semuanya dari awal, seperti dulu saat belum bisa komputer.

Saya juga hanya akan tersenyum mengetahui beberapa kekhawatiran itu, bukan karena ingin mengejek, namun hal itu juga yang terjadi pada saya sebelumnya.. namun saya juga telah mendapatkan jawabannya sekarang.

Jawaban atas kekhawatiran tersebut:
1.Terkendala karena apa? Semua kegiatan yang sebelumnya bisa dilakukan di OS Windows juga bisa dilakukan di OS Ubuntu, mulai dari Ngetik, Bikin Presentasi, Ndengerin music, Nggambar, Ngedit foto, Ngedit audio/video, Mbikin animasi, Internetan (browsing, chatting, facebookan dll), Programming, Maen game. Dst.
2.Nggak akan parno kok.. saya sendiri juga nggak terbiasa.. tapi ketika pakai OS Ubuntu.. biasa aja tuh.. nggak ada yang aneh2 banget kok. Beda sih tapi nggak sulit juga.
3.OS Ubuntu tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang highend, saya n temen2 saya yang newbie atau pemula dalam OS Ubuntu (linux) tidak merasa mendapat masalah yang berarti kok.. n semua berjalan stabil..
4.Hehehe saya n temen2 saya newbie juga tapi data kami tetep aman.. kuncinya cuman satu, kalo install jangan hanya asal klik NEXT, namun juga dibaca petunjuknya dilayar komputer Anda.. maka nggak akan ada cerita kehilangan data karena salah format.
5.Di Internet banyak tempat bertanya, baik di situs resminya, forum, milis, blog dll. tanya ama saya juga boleh, kalo bisa akan saya jawab.. kalo nggak ya buat PR he.
6.Saya n temen2 saya newbie, namun saya merasa tidak memulainya dari awal.. semua yang bisa kita lakukan di OS Windows bisa dilakukan di OS Ubuntu.

He... sekarang semua saya kembalikan pada Anda.. betapapun penjelasan panjang saya nggak akan artinya jika Anda tidak membuka diri.. merendahkan ego n maju untuk menuju masa depan yang indah heheh kok kayak iklan sih.. “Enjoy Ubuntu”

Perhatian : Saya bukan expertise/ahli OS Ubuntu, saya hanya pengguna yang suka share IPTEK, jika Anda membutuhkan bantuan saya dalam masalah OS Ubuntu, maka saya akan bantu sebisa saya.. seperti yang saya sampaikan di muka.





Artikel yang berhubungan..