Selamat Datang Di Weblog http://delphiscript.blogspot.com, Mari Kita Belajar Bersama Tentang Blogging, dan Internet Marketing
"Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan" [Q.S Luqman : 6]

Mudahnya Web Programming di Ubuntu (install Xampp/Lampp dan Komodo Web Editor) Bag 1

Sebagai seorang web programmer newbie (baca: web programmer gadungan) tentunya migrasiku ke Ubuntu tidak boleh menghalangi hobyku yaitu Web Programming. Jika di Windows, aku pakai XAMPP (paket Apache,PHP,MySQL dll) dan Macromedia Dreamweaver 8 (bajakan hehehe) yang merupakan kombinasi dahsyat untuk menghasilkan aplikasi web base canggih hehehe mulai dari SIM Pegawai, SIM Diklat, SIM Finance, Web Portofolio, Toko Online dll.

Untuk itu, kita harus mempersiapkan lingkungan kerja di Ubuntu agar bisa digunakan untuk Web Programming, dengan cara menginstall dua aplikasi itu atau yang sejenisnya:
1.XAMPP for Linux
2.Komodo Edit sebagai Web Editor alternatif di Ubuntu
Berikut ini perjalanan saya menciptakan lingkungan kerja itu:

Aku coba download XAMPP for Linux dari website resminya
http://www.apachefriends.org/en/index.html
lalu oleh ubuntu diarahkan ke
http://www.apachefriends.org/download.php?xampp-linux-1.7.1.tar.gz (Versi 1.7.1 => 57 MB)

Setelah berhasil download, berikut ini step by step install XAMPP :
1.Buka Linux shell (command prompt / terminal) pada menu [ Applications | Accessories | Terminal ]
2.Setelah Linux shell terbuka maka pertama yang harus dilakukan adalah login sebagai user root (administrator), caranya: ketikkan “sudo -s” tanpa tanda petik dan tekan enter,
3.Masukkan password admin Anda, lalu tekan enter lagi,
4.Extract file XAMPP yang telah Anda download ke direktori /opt melalui linux shell, caranya: ketik “tar xvfz xampp-linux-1.7.1.tar.gz -C /opt” tanpa tanda petik, sesuaikan path dimana Anda meletakkan file XAMPP yang baru Anda download misal: jika Anda letakkan di Desktop maka kodenya menjadi “tar xvfz /home/hafid/Desktop/xampp-linux-1.7.1.tar.gz -C /opt” sesuaikan dengan kompimu yah!
Anda mungkin berpikir, kalo cuman extract file tar.gz ke suatu direktori, kenapa nggak klik kanan file tersebut, pada popmenu pilih “extract here” lalu kita pindahkan folder lampp ke direktori /opt/, beres.. hehe.. tapi sayang sekali, jika itu dilakukan maka XAMPP tidak akan berjalan. Hal ini seperti yang tertera pada situs resmi XAMPP:
Warning: Please use only this command to install XAMPP. DON'T use any Microsoft Windows tools to extract the archive, it won't work.
Jadi kita harus pakai linux shell untuk menginstallnya.
5.Setelah selesai menginstallnya (mengextractnya) maka kini saatnya Anda jalankan XAMPP (Apache, Mysql Server dan PHP), caranya:
ketik “/opt/lampp/lampp start” tanpa tanda petik, jika sukses maka di linux shell akan muncul
Starting XAMPP 1.7.1...
LAMPP: Starting Apache...
LAMPP: Starting MySQL...
LAMPP started.
6.XAMPP telah siap.. horeee..

Oh iya.. jangan lupa mengubah hak akses folder htdocs menjadi 777, agar bisa dibaca dan ditulisi, caranya :
sudo chmod 777 -R /opt/lampp/htdocs/

Lakukan cara ini jika Anda mendapati folder htdocs atau folder didalam htdocs tidak bisa ditulisi.

Okey, Pada artikel selanjutnya akan dijelaskan cara instalasi Web Editor Komodo Edit





Artikel yang berhubungan..