Selamat Datang Di Weblog http://delphiscript.blogspot.com, Mari Kita Belajar Bersama Tentang Blogging, dan Internet Marketing
"Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan" [Q.S Luqman : 6]

Tips Membuat Template Blog bagi Newbie

Sebuah blog yang bagus tidak hanya dilihat dari aspek kontent atau artikel yang dimuat, tidak juga hanya dilihat dari statistik, tidak juga dilihat dari kelengkapan blog tersebut, dan kecepatan loading blog itu.

Tapi ada faktor estetika yang menjadi bagian penting dari performasi blog itu. Desain tampilan yang bagus dan elegan serta "UNIK" akan meningkatkan kredibilitas blog itu, pengunjung akan merasa nyaman mengunjungi membaca. Artikel yang mungkin tidak terlalu menarik menjadi terbaca dan akhirnya bisa kecantol.

Akhir2 ini aku belajar tentang desain template blogger, ternyata nggak susah2 seperti yang dibayangkanalias gampang banget bro!. Yang dibutuhkan cuman pengetahuan tentang Logika, HTML, CSS, dan XML. nggak susah kok, tinggal liat alurnya dari template defaultnya blogger.

Pertama download dulu tuh template default, lalu bawa pulang dan lihat kodennya, pahami alurnya, pisahkan antara HTML dan CSSnya agar lebih mudah. Dalam hal ini imaginasi kita berperan penting.

Kalu udah coba ubah dikit2 misalanya ubah title, tambahin kata2 atau ubah style CSSnya. Yang penting hati2 harus standard XHTML. Jika sudah diubah2 cobalah diupload maka Anda akan sedikit demi sedikit mengerti.

Kalau perlu ubah total desaintemplate defaultnya. Untuk menguji tingkat pemahaman Anda. Carilah desain2 template blogger yang bagus pelajari ubah dan upload, jika berhasil maka Anda sudah bisa membuatnya sendiri, cobalah dengan tetap berpedoman pada template deafault tentunya. Buat sendiri versi sederhana. Jika sukses maka lanjutnkan tambah ubah dan lengkapi.

Untuk menambah kemampuan atau performasi dari blog template buatan Anda, Anda bisa cari artikel tentang blogger hack. Seperti bagaimana membuat link Read More.. dsb.

Satu lagi untuk keperluan desain template pasti kan Anda lakukan dirumah tanpa koneksi internet lalu bagaimana cara mengujinya? masak sekali buat perubahan harus ke warnet dulu untuk melihat hasilnya. Jawabannya adalah tidak.

Rahasianya adalah download dulu blog Anda menggunkan software download khusus web, kalau aku pakai httrack, yang akan mendownload sebuah blog menjadi versi online, dengan cara ini kita bisa mencoba tampilannya dengan merubah kodenya pada versi offline tersebut.

Desain CSS adalah bagian penting yang ingin kita lihat setiap kali membuat template, oleh karena itu kita bisa mengguanakannya sebagai kelinci percobaan pada local testing.

Adakah cara lain yang lebih baik ?





Artikel yang berhubungan..