Selamat Datang Di Weblog http://delphiscript.blogspot.com, Mari Kita Belajar Bersama Tentang Blogging, dan Internet Marketing
"Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan" [Q.S Luqman : 6]

Kirim spam ala yahoo messenger (pesan berantai)

Udah tahu kan Yahoo Messenger, tool chatting yang sangat populer itu, yah setidaknya di Indonesia. YM masih menjadi pilihan utama untuk berkomunikasi melalui media online, meski serbuan provider lain yang tak kalah menarik masih silih berganti.

Lantas apa yang dimakasud kirim spam ala Yahoo Messenger? ehm. SPAM sendiri dalam dunia internet artinya cukup luas, intinya adalah sampah, misal Email Spam diartikan dengan email sampah atau email yang dikirim oleh seseorang yang lain berisi pesan2 atau penawaran yang sebenarnya tidak pernah diharapkan atau di inginkan oleh sipenerimanya.

Sedangkan spam ala yahoo messenger yang saya maksud adalah pesan berantai yang dikirimkan secara berantai dari satu YM ke YM lainnya. Mungkin temen2 juga sering dapet pesan2 tersebut atau ikut mengirimkan / memforward ke orang lain. Isinya bermacem2 mulai dari berita, peringatan, dakwah hingga guyonan.

Apakah itu buruk? sebelumnya, hal semacam itu bisa di kategorikan sebagai SPAM, dalam etika berinternet SPAM adalah merupakan musuh no 1, orang yang melakukannya kalo diluar negri di sebut penjahat, makanya banyak orang luar yang berkampanye memrangi SPAM. di Indonesia gimana? mungkin masih di godok sama pak Menteri tentang masalah ini.

Banyak orang yang berdalih,
- "tapi tujuan saya kan baik",
- "saya kan ingin berdakwah"
- "saya cuman bercanda"
- "isinya kan baik dan patut dibaca semua orang"
dll

Setiap orang yang melakukannya pasti ingin membenarkan tindakannya itu. tapi yang perlu dingat bahwa sesuatu yang baik itu hendaknya di lakukan dengan cara yang baik pula, bukan dengan melakukan SPAM.

Jika Anda orang Islam, ada pesan yang isinya ayat2 Al Qur'an, atau wejangan dari para Alim Ulama, lantas dikirimkan dengan cara Nypam seperti itu, apa bedanya dengan orang berdakwah dengan cara melemparkan Al Qur'an kemuka orang yang di ceramahi? apa bedanya? sungguh ironis sekali. Nabi sendiri mengajarkan kita berdakwah dengan cara yang santun. Dengan mengatas namakan Islam lantas melakukan hal seperti itu malu-maluin gak? aku hanya tanya lo gak menghakimi.

Banyak orang yang lantas marah ketika aku kasih tahu, dia bilang hapus aja YMku dari list kamu, dsb. Jujur aku gak merasa terganggu atas SPAM itu, kalian kirim aku terus juga gak masalah, tapi bukan itu yang aku maksud, aku hanya mengingatkan bahwa perbuatan itu adalah perbuatan yang kurang beretika.

Ada yang bilang " Itu saya hanya mau kasih tahu mas, kalo nggak suka didelete aja!", bukan itu masalahnya. Apakah anda tahu berapa puluh kali saya telah dapet pesan yang sama isinya seperti itu? bagi orang2 tertentu mungkin sebel dapet seperti ini berulang2 ya kan? meskipun saya gak sbel wekekek, saya sih enjoy aja dapet spam gini.

Lantas apa yang harus dilakukan. Jika kamu tetap ingin mengirimkan pesan pada orang lain?, harusnya izin dulu boleh gak, udah tahu tentang ini itu belum, kalo belum ini saya kasih tahu mau nggak?, dsb. Meski di dunia maya tetaplah beretika jangan malu-maluin bangsa, agama, dan diri sendiri.

Silahkan berkomentar! suka atau gak suka dengan tulisan saya ini, bukan menggurui, hanya mengingatkan jika ada yang salah mohon dimaafkan.





Artikel yang berhubungan..