Selamat Datang Di Weblog http://delphiscript.blogspot.com, Mari Kita Belajar Bersama Tentang Blogging, dan Internet Marketing
"Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan" [Q.S Luqman : 6]

Membuat Sendiri Aplikasi Database Multimedia Menggunakan Delphi 7 & Ms Access (Pesanan Allysa) Study Kasus Aplikasi AL Qur'an Digital (+Source Codenya

Beberapa waktu lalu ada seorang cewek pengunjung blogku yang ngajak chat aku, dia lagi belajar delphi dan pingin buat aplikasi database multimedia pake delphi, tapi masalahnya dia tidak mudeng dengan database, lalu dia minta dibuatin contoh aplikasi sederhana database multimedia dengan delphi. Nih saya bikinin jeng. Btw jangan tanya aku ya cewek ini manis ato nggak karena aku belum dikasih fotonya heheheh.

Gambaran Umum Aplikasi :
Pada tutorial kali ini saya akan membuat aplikasi AL Quran Digital, dimana aplikasi ini bisa menampilkan tulisan arab Al Qur'an, terjemahan dari Al Qur'an dan suara bacaan Al Qur'an.secara bersesuaian, dimana pengguna bisa memilih ayat tertentu dalam Al Qur'an untuk ditampilkan, maka bersamaan dengan itu terjemahan ayat tersebut juga akan ditampilkan dan suara bacaan dari ayat tersebut juga akan diperdengarkan.

Apa Yang Harus Dipersiapkan
Pertama yang harus dipersiapkan antara lain :
1. Teks Arab (dalam bentuk gambar), Teks Terjemahan, dan
Suara Bacaan Al Qur'an
2. Ms Access (aku pakai versi 2003)
3. Borland Delphi (aku pakai versi 7)

Data Yang Dibutuhkan
Data Al Qur'an yang aku pakai adalah Freeware Alqur'an & Terjemahan Versi 1.2 http://geocities.com/alquran_indo
Terjemahan dan penjelasan ayat aku kopi dari software itu
Gambar teks arab aku kopi juga dari software tersebut lalu aku simpan ke dalam format bmp 16 Color (aku pakai MS Paint untuk mengeditnya)
Lalu Suara Al Qur'an aku dapat dari... eee lupa, pokoknya aku punya beberapa surat Al Qur'an lalu aku potong2 per ayat dan dijadikan satu file berformat wma / windows media audio (aku menggunakan Windows Media Maker untuk mengedit suaranya)

Organisasi File dan Folder
Yang tak kalah penting adalah mengorganisasi letak file2 pendukung yaitu gambar teks arab dan juga suara bacaan. Pada tutorial ini saya membuat folder baru bernama gambar untuk menyimpan file gambar teks arab, dan membuat folder suara untuk menyimpan file suara bacaan.

Membuat Database Al Quran
Seperti yang telah ditulis diatas bahwa kita akan menggunakan Ms Access untuk membuat databasenya. Pertama kali pada Ms Access buat database bernama "db_quran.mdb" lalu buat tabel "tb_ayat" dan "tb_surat" spt berikut :



Membuat Aplikasi Pada Delphi
Komponen yang digunakan adalah sebagai berikut tapi jangan bingung ya



Selanjutnya

Untuk Aplikasi dan Source Codenya Silahkan Download! Disini

Jika Anda menginginkan data Al Quran lengkap mulai dari Juz 1 - Juz 30 silhkan contak saya di 081559915720





Artikel yang berhubungan..