Selamat Datang Di Weblog http://delphiscript.blogspot.com, Mari Kita Belajar Bersama Tentang Blogging, dan Internet Marketing
"Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan" [Q.S Luqman : 6]

Aplikasi Media Player Delphi Harum Anjani Error


Maaf jika baru balas emailnya. Soalnya kemaren baru bongkar2 email ehh ketemu ternyata email yang dimaksud. (Email dari : harum anjani). Makasih udah ngirimin fotonya yang maniez!. Sengaja aku jawab email secara terbuka sebagai jawaban atas pertanyaan serupa yang disampaikan teman lain.


Jadi si Harum Anjani ini intinya tanya pada aku kok Media Player buatannya error apabila dijalankan diwarnet, kenapa? Dia juga ngirim aplikasi buatannya yang error tersebut untuk di "analisa",. Dia justeru menebak bahwa errornya itu karena di warnet tidak ada delphinya!. Selain itu dia juga pengen bisa buat aplikasi macam Media Player yang bisa menampilkan lirik lagunya ketika musik dijalankan, semacam gitu lah. Dan beberapa cerita panjang juga dia sertakan aku nggak tahu tuh email ato curhat?..

Tanggapanku :

Hehe, aku nggak mau njawab tapi cuman nanggepin aja. Maaf jika terlambat.

1. Aplikasi Media player error ketika dijalankan di warnet atau dikomputer lain pada kasus kamu ini bukan karena di warnet atau dikomputer lain error tapi karena file musik (MP3) tidak ditemukan oleh program kamu. Meskipun kamu udah sertakan tuh file, tapi path yang kamu set untuk file itu salah jadi error.

Sebagai gambaran kalo dirumah file musiknya kamu letakkan di C:\My documents\lagu.mp3, maka dikomputer lain juga harus diletakkan pada folder tersebut.

Tapi pasti hal itu tidak kamu inginkan!. Solusinya :

Pada komponen MediaPlayer ubah nilai property berikut :
Filename jangan diset dulu(dikosongin dulu)
Auto open di set false

Lalu pada button mainkan buatlah procedure onClick dengan kode berikut :

MediaPlayer1.FileName:=ExtractFilePath(Application.ExeName)+'mp3/D_09 peuyeum bandung.mp3';
MediaPlayer1.Open;
mediaplayer1.Play;

Udah gitu aja terus coba jalankan, seharusnya error nggak lagi ada.
Keterangan :
  • ExtractFilePath(Application.ExeName) berfungsi mendapatkan path dari aplikasi Exe kamu secara dinamis jadi meskipun aplikasi kamu dipindah2 tetep aja pathnya bener.
  • lalu mp3 adalah nama folder tempat kamu nyimpan file mp3 yang terletak dibawah path aplikasimu
  • D_09 peuyeum bandung.mp3 adalah nama file mp3 yang kamu sertakan pada aplikasi yang kamu kirim

2. Pertanyaan kedua ini akan aku jawab dengan kemampuanku. Gimana caranya nampilin lirik lagu bareng dengan suara lagunya?. Aku pakai cara manual pertama kita harus punya liriknya kita potong2 liriknya perkalimat. Terus kita putar musiknya misal pada detik pertama yang ditampilkan kalimat lirik pertama lalu pada detik keberapa lagi baru ditampilkan kalimat selanjutnya. Detik2 itu kita catet lalu kita bikin programnya untuk menyesuaikan tampilan lirik dengan suara musik. Jadi manual banget. Maaf ya harum soalnya gue juga masih nyubi. Tapi jika temen2 lain tahu mohon dishare soalnya aku lagi butuh nih.


Nb. : Jika kamu (harum anjani) keberatan foto dalam aplikasi ditampilkan maka akan saya hapus. Saya nggak tahu apakah itu foto harum anjani atau bukan. hehehe





Artikel yang berhubungan..