Selamat Datang Di Weblog http://delphiscript.blogspot.com, Mari Kita Belajar Bersama Tentang Blogging, dan Internet Marketing
"Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan" [Q.S Luqman : 6]

Membuat Text To Speech (TTS) Bahasa Indonesia Menggunakan SDK IndoTTS

Dulu kita dah membuat TTS bahasa Inggris pake sapinya Micocop dan kemaren bikin TTS pake bahasa Indonesia menggunakan Tukang Omongnya KIOSS. Gampangkan udah bisa belum? lha sekarang kita akan coba bikin TTS tapi pake bahasa jawa eh bahasa Indonesia ding (untuk bahasa jawa siapa yang mau coba?) menggunakan SDK IndoTTS (opo kuwi?). Jujur aja, sebenarnya males "bikin" karena kan udah dibikin oleh para master2 Delphi (Arry dan Luri). Tapi berhubung banyak yang nanyain ke aku ya akhirnya terpaksa aku bikin deh artikel ini.

TTS Bahasa Inggris dulu kita pake database suaranya Windows. Dalam hal ini sama dengan TTS Bahasa Indonesia yang baru kita bikin kemaren, dimana kita menggunakan databse suara kepunyaan Arry, dia yang telah membuat database diphone bahasa Indonesia. Jadi kita nggak usah capek2 merekam suara untuk TTS kita lagian ya kalau suaranya bagus, kalau jelek malah ntar jadi bahan tertawaan

Tapi ngomong2 soal Arry dia aku ingetin lagi ya, bahwa dia tuh Doktor lho dari ITB jangan salah bukan Arry teman kamu. Dr. Arry Akhmad Arman itu nama lengkapnya. Bilang makasih dulu sama dia!. Buat Om Arry mohon artikel ini jangan direview karena terlalu katrok, hehehe, tapi tenk you banget ya Om.

Baik nggak usah basa2 lagi capek gue! langsung aja. pertama yang kita lakukan adalah persiapan : mandi dengan air hangat,lalu makan separuh dari biasanya, kemudian sediakan secangkir susu hangat (sekalian sumbernya juga boleh). lho kok jadi ngomongin kayak gini sih. Kembali ke tengtop.

Disini kitakan pake SDK IndoTTS (yang nggak tahu SDK, mohon diam cari dulu!), SDK indoTTS berisi source code aplikasi IndoTTS dalam dua bahasa yaitu Delphi dan VB, jika Anda suka Delphi maka Anda makai yang delphi aja yach. DOWNLOAD SDK IndoTTS, berikut ini langkah2nya :

  • Install aplikasi IndoTTS kalau belum dan nggak tahu caranya baca dulu artikelku tentang Aplikasi IndoTTS. Sebenarnya Anda tidak harus menginstall aplikasi ini jika Anda tahu file mana saja yang perlu disertakan, tapi berhubung saya nggak donk makanya saya menyarankan Anda menginstallnya dulu

  • Saya anggap Anda sudah menginstall IndoTTS pada kompi Anda, kemudian buka file SDK IndoTTS tapi pilih yang folder Delphi5 yang merupakan source code delphi aplikasi indoTTS.

  • Kalau udah ya mau gimana lagi Anda tinggal makai tuh kode udah didepan mata Anda edit kompile atau apain terserah lo asal nggak keterlaluan hhehehe itu kode delphi coy. seneng banget aku nggak bikin tutorial lagi. hehehe.

Kalau ada masalah! silahkan tinggalkan komentar disini dan kalo ada waktu ntar aku jawab biar semua tahu! Tapi kalo kurang puas boleh kok Telpon aku atau SMS dan kallo ada pulsa aku balas kalo nggak ada pulasa ya MAAP! (padahal sering nggak ada pulsanya)

SDK ini juga ada versi updatenya DOWNLOAD UPDATE SDK IndoTTS





Artikel yang berhubungan..