Selamat Datang Di Weblog http://delphiscript.blogspot.com, Mari Kita Belajar Bersama Tentang Blogging, dan Internet Marketing
"Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan" [Q.S Luqman : 6]

Membuat Shortcut Aplikasi Berada di Tray Bar Windows

Pada tutorial ini kita akan membuat shortcut aplikasi berada di Tray Bar Windows, caranya gampang banget karena kita menggunakan komponen tambahan untuk Delphi yaitu Trayicon.pas buatan mas Antony Pranata (1999). Yang harus dilakukan pertama adalah Install dulu komponen Trayicon.pas, caranya lihat postinganku sebelumnya tentang install komponen (kebetulan pada posting tersebut contoh kasusnya untuk menginstall Trayicon). Setelah diinstall baru kita bisa melanjutkan proyek kita bikin Tray di bar.


Lho mas Tray Bar itu apa to? walah tak kiro sampeyan ngerti. Tray Bar adalah sebuah bar yang secara default terletak disebelah bawah kanan windows Anda, Tau kan?



Buat aplikasi seperti biasa, satu form aja nggak usah banyak2 soalnya capek nunggu kamu buat,


Masukkan komponen Trayicon pada form1yang terletak pada Componen Palette Tab PBDelphi


Masukkan komponen Popupmenu yang terletak pada component pallete tab Standard. Lalu buatlah dua menu aja pada komponen tersebut (ABOUT dan SHOW), caranya gimana? masak nggak tahu sih!. Ya double klik aja komponen tersebut pada form Anda maka akan muncul jendela designer untuk membuat menu



Pada objek inspektor, tab properties, cari properti caption dan ubah nilainya menjadi ABOUT, tambah lagi satu menu SHOW, maka hasilnya theng thong!



Lalu kasih even atau procedure onclick pada menu itu, caranya double klik aja menu ABOUT yang baru kita buat tadi. Maka akan muncul jendela kode editor, masukkan kode utuk procedure onclick menu ABOUT tersebut, sehingga kode lengkap untuk procedure tersebut adalah sebagai berikut :


procedure TForm1.ABOUT1Click(Sender: TObject);

begin

ShowMessage('Ini Adalah Program Tray Bar ku!');

end;


Lalu kasih ecven onclik juga pada menu SHOW dengan kode procedurenya seperti berikut :


procedure TForm1.SHOW1Click(Sender: TObject);

begin

TrayIcon1.Hide;

Form1.Show;

end;


Masukkan satu buah komponen button pada form1 dan kasih kode untuk event onclicknya :


procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);

begin

TrayIcon1.Show;

Form1.Hide;

end;


Setelah itu kemudian atur properti komponen Trayicon pada objek inspektor, ubah nilai properti popupmenu menjadi popupmenu1 kalau udah coba jalankan aplikasimu.



1. Akan muncul form biasa dengan tombol Tray,


2. Kalau tombol Tray di klik maka aplikasi atau form akan dihidden dan shortcut dari aplikasi akan diletakkan di Tray bar


3. Jika kamu klik kanan itu Trayicon yang ada di Tray Bar maka akan muncul popmenu yang kita buat tadi


Hahaha, gampang kan bikinnya, dengan komponen ini kita bisa merubah icon di Tray menjadi gambar apapun karena TrayIcon punya properti Icon tinggal ubah aja, kalau dikosongin ya kayak diatas itu kotak putih jelek hehehe.





Artikel yang berhubungan..