Selamat Datang Di Weblog http://delphiscript.blogspot.com, Mari Kita Belajar Bersama Tentang Blogging, dan Internet Marketing
"Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan" [Q.S Luqman : 6]

Apa yang harus dipelajari para pemula?

Banyak newbie atau pemula dalam dunia programming bingung, apa yang harus dipelajari untuk pertama kalinya agar bisa menguasai programming, bahasa pemrograman apa yang lebih baik, dan bagaiman kedepannya nanti. Itu adalah wajar bagi seseorang newbie.

Jika kamu juga merasakan hal itu, maka jangan khawatir itu normal kok :). Apa yang aku katakan ini adalah sesuai pengalamanku dan apa yang aku tahu. Dan mudah mudahan bisa membantu :

Apa yang harus dipelajari lebih dulu ?
Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya Anda menguasai dulu apa konsep dasar komputer,
konsep dasar pemrograman, dan algoritma pemrograman. Hal ini penting sekali sebagai pondasi awal.

Bahasa pemrograman apa yang harus dipelajari lebih dulu ?
Untuk pemula sama saja, bahasa apapun tidak menjadi masalah, namun lebih baik pilihlah bahasa-bahasa yang masih berbasis teks dan generasi ke tiga, seperti : pascal, basic, c++, php dll. Kalau aku dulu pakai pascal sebagai bahasa pertamaku, dengan alasan english base dan karena pascal memang awalnya diciptakan untuk mengajarkan bahasa pemrograman.

Anda tidak perlu meneruskan bingung Anda, sebab kebingungan itu akan terobati atau hilang dengan sendirinya jika Anda telah mempelajari salah satu bahasa pemrograman. Jika Anda telah menguasai satu bahasa pemrograman maka bahasa lain akan mudah juga Anda pelajari bahkan Anda kuasai dengan lebih cepat, sebab semuanya memiliki konsep dasar yang sama.

Bahasa C/C++, Pascal, Basic adalah contoh-contoh bahasa pemrograman yang berbasis teks / dos, cocok untuk membuat aplikasi-aplikasi berbasis dos. Namun saat ini bahasa-bahasa tersebut telah dikembangkan dari basis teks ke basis visual, seperti Visual Basic, Borland Delphi, C++ Builder. Dengan perkembangan ini diharapkan pembuatan dan pengembangan aplikasi dengan bahasa pemrograman menjadi semakin lebih cepat, mudah dan menarik serta efisien.

Borland Delphi merupakan pengembangan / versi visual dari bahasa Pascal, Visual Basic adalah pengembangan dari bahasa Basic dsb. Anda bisa saja langsung mempelajari bahasa yang berbasis visual tersebut namun mau tidak mau Anda juga harus mengetahui konsep dasar dan aturan main dari bahasa berbasis teks.

Saat ini, Visual Basic dan Borland Delphi merupakan bahasa pemrograman yang popular digunakan oleh para programmer tanah air, dan banyak diajarkan di berbagai perguruan tinggi khususnya pada jurusan TI, selain itu juga banyak diajarkan di LPK-LPK di seluruh tanah air.

Apa yang harus dilakukan lebih dahulu ?
Tekat yang kuat atau keinginan untuk dapat menguasai programming. Siapkan fasilitas yang memadai. Fokus dulu terhadap satu bahasa pemrograman. Gunakan buku panduan programming yang detail menerangkan satu persatu sehingga Anda bisa mengikutinya.

Perlukah seorang guru ?
Guru bukan pendikte namun pengarah, kemampuan programming tidak bisa ditularkan namun untuk menguasainya perlu belajar. peran seorang guru hanya mengarahkan dan semuanya terserah Anda. Tapi ingat guru bukan berarti manusia (buku, modul juga bia dikatakan guru)

Apa yang harus dilakukan kemudian ?
Cari referensi sebanyak-banyaknya, jangan terpaku dengan satu bahasa pemrograman, ikuti perkembangan TI. Belajar dengan mencoba adalah cara yang paling baik.

Apa yang harus dikuasai selain itu ?
Selain bahasa pemrograman, sebagai pelengkap Anda harus menguasai juga semua hal tentang developer program, manajemen software. Yang dipelajarai dalam matakuliah Rekayasa Perangkat Lunak, Metodologi Pengembangan Sistem, Sistem Informasi, Analisis dan Desain serta Konsep Perancangan (Anda bisa dapatkan materi ini diInternet banyak).
Pelajari juga UML atau bahasa pemodelan yang menggambarkan software yang Anda buat, biasanya digunakan software Microsoft Visio, Smart Draw, Rasional Rose (rekomendasi) dan EA.

Apa yang harus diikuti ?
Ikutan study club pemrograman, ikutan milis/forum pemrograman akan cepat meningkatkan kreatifitas programmingmu, karena disana seringkali didapati trik2 yang tidak terdapat dalam buku maupun artikel pemrograman lain. Kalau kamu ada masalah dalam prgramming maka milis/forum adalah tempat yang tepat.

Apa yang harus dilakukan selain itu semua ?
Berdoa menurut keyakinan masing-masing.

Demikian mudah-mudahan apa yang aku tulis ini bermanfaat.





Artikel yang berhubungan..