Selamat Datang Di Weblog http://delphiscript.blogspot.com, Mari Kita Belajar Bersama Tentang Blogging, dan Internet Marketing
"Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan" [Q.S Luqman : 6]

Alhamdulillah akhirnya Hafid Lulus CPNS Depkeu 2008 (Pemberkasan di Surabaya)

Alhamdulillah setelah menunggu lama dan ikutan 4 tahapan tes akhirnya saya (Hafid) yang punya blog ini dinyatakan lulus CPNS 2008. Saya ikutan tes di surabaya. Terima kasih pada semua pihak yang telah membantu saya dalam kelulusan ini, telah mendoakan saya dsb. Alhamdulillah kelulusan ini bersih atau jujur tanpa ada rekayasa (misal : suap dll).

Sekarang ini sebagai persyaratan untuk pengangkatan CPNS banyak berkas2 yang harus dipersiapkan seperti : Kartu pencari kerja (kartu kuning), SKCK, Surat kesehatan dll. Saya harus segera mempersiapkan semua berkas sebelum tgl 12 Desember 2008, karena pada saat itu saya harus menyerahkan berkas2nya pada panitia penerimaan CPNS Depkeu di Surabaya.

Berikut ini ceritanya dalam pembuatan berkas2 tsb:

1. Membuat kartu kuning / kartu pencari kerja (Ak 1)
Untuk membuatnya saya harus ke Disnaker kabupaten jember, dengan membawa Fotocopy Ijasah Terakhir (kalo saya Ijazaah S1), itu saja syaratnya. Padahal aku udah bawa Ijasah mulai SD - SMA tapi nggak ditanyain, jadi cuman Fotocopy Ijasah terakhir aja.
Terus saya fotocopy kartu kuning tersebut terus dilegalisir, dengan biaya 1000 rupiah. Jadi bikin kartu kuning cuman bayar 1000 rupiah. Murah kan?? hehehhe, mungkin petugasnya tahu kali ya kalo yang nyari kartu kuning pasti belum kerja jadi kasian mau narik banyak2.

2. Membuat Surat Keterangan Kesehatan
Untuk membuatnya aku pergi ke Puskesmas didesaku. sampai disana daftar terus bilang mau buat surat keterangan sehat, lantas sama mantrinya / dokternya langsung dibuatin, jadi nggak ada pemeriksaan apa2, padahala biasanya diperiksa dulu lo, hehehe, mungkin udah lihat kalo aku sehat jadi nggak diperiksa, abis itu aku copy dan dlegalisir bayar 5000 rupiah.

3. Membuat SKCK dari kepolisian
Untuk membuatnya aku minta surat pengatar dari Desa untuk membuat SKCK dan untuk mendapatkannya saya tidak dipungut biaya apapun (0 rupiah). Terus setelah itu ke Polsek (polisi tingkat kecamatan) untuk meminta tanda tangan surat pengantar tadi dan nggak bayar juga, terus ke kecamatan minta tanda tangan juga bayar 5000 rupiah. Terus ke polsek lagi minta dibuatain surat pengantar ke Polres (setingkat kabupaten), aku disuruh ngisi form biodata, setelah itu data diproses, dan jadi deh lalu petugasnya bilang uang administrasi seikhlasnya, aku ngasih 10.000 rupiah (heheh nggak begitu ikhlas sih sebenare hehehe, cuman berhubung petugasnya di kepolisian cewek mungkin masih sebayaku jadi nggak enak sendiri, yah itung2 cari perhatian hehehe. Abis itu aku harus ke polres jember untuk membuat SKCK, disana disuruh ngisi formulir biodata terus cap jari(bukan cap jempol aja lo, tapi seluruh jari kiri). syaratnya Fotocopy KTP 2 lembar, FC Kartu Keluarga 1 lembar, ama surat pengatar dari polsek yang tadi dibuat, udah itu aja, setelah jadi SKCK, ternyata aku nggak ditarik uang administrasi sesenpun hehehe alias gratis (Alhamdulillah) itu juga udah aku legalisir.

4. Membuat surat bebas narkoba
Untuk membuatnya aku ke Rumah sakit Dr Soebandi Jember, kebetulan aku punya kartu tanda (kartu Rumah sakit atau apaya namanya) lalu aku langsung dafatar ke poli psikiatri bayar 6000 rupiah terus habis itu aku ditanyain macem2 tentang HIV seperti tau HIV nggak, punya temen penderita nggak, pernah berhubungan intim nggak gitu, terus ditanyaain buat apa surat ini. Abis itu aku diambil darahnya untuk tes HIV , ini adalah kebijakan rumaha sakit itu untuk melakukan tes HIV tapi di rumah sakit lain tidak. Padahal aku takut sekali lo diambil darahnya itu, takut ama jarum suntiknya, kebetulan yang ngambil darahku seorang perawat cewek (cantik banget hehehe, mungkin juga masih sebayaku) dia bilang padaku, "Baru pertama kali diambil darahnya ta mas?", aku jawab iya, terus dia bilang pantes mukanya kelihatan nerves banget (heheh asem kie). Ya aku emang takut banget ma jarum suntik, tapi ternyata nggak sakit kok hehehe. Habis diambil darah aku terus tes narkoba dengan diambil Urineku, aku disuruh kencing, lama banget aku karena nggak keluar2 kencingku, habis tes itu baru setelah beberapa waktu, keluarlah hasil tesnya. aku terus legalisir. H iya biayanya 225.000 rupiah,

Oh iya pas tes narkoba ini, aku kebarengan ama cewek yang juga tes narkoba buat persayaratan depkeu, dia orang jember tapi kuliah s2 hukum di semarang, aku juga nggak banyak tanya dengan mbak ini, dia ikutan tes di jogja. Aku juga nggak tahu no HPnya heheheh udah lah nggak penting juga.

Samapai saat ini aku juga masih belum tau anak jember yang lolos depkeu di surabaya, tapi denger2 ada, ehm tapi siapa? kamu tahu nggak? kalau tahu kasih tahu aku dong via HP 081559915720.

Ok deh itu dulu.

Oh satu lagi, bahwa ada yang mengatakan bahwa Tes CPNS hanya berkaitan dengan Rezeki saja. Saya dengan tegas akan menolak asumsi itu, saya sangat tidak setuju jika kelulusan tes CPNS hanya karena Rezeki saja. Tanpa ada maksud mengecilkan peran dari yang diatas, tanpa ada maksud untuk tidak percaya pada rezeki, tapi ini semua (kelulusan ini) adalah juga hasil dari FIGHT atau perjuangan. Kenapa saya berpikiran begitu, karena bisa saja seseorang yang sebenarnya rezekinya bisa lulus cpns tapi gagal karena kurang siap dalam melakukan FIGHT tersebut, atau kurang maksimal, Tuhan (Allah SWT) memang telah membagi rezeki pada kita, tapi itu perlu kita ambil kawan. Dengan cara berusaha atau bekerja. Jangan harap Anda akan berhasil jika Anda hanya duduk2 saja dan berdoa saja.

Ini FIGHT!

Setidaknya kelulusan dipegaruhi oleh 3 faktor :
1. Rezeki dari Allah SWT
2. Do'a yang tulus dari hamba yang beriman
3. Usaha yang keras (Strategi, tips triks dll)

Ok bagi yang masih belum lolos tetep berjuang kawan. Ketrima jadi CPNS / PNS memang bukan segalanya, namun dengan lolos CPNS /PNS maka berrati anda akan memperoleh sebagian dari segalanya, banyak mungkin planing hidup Anda akan berubah.





Artikel yang berhubungan..