Selamat Datang Di Weblog http://delphiscript.blogspot.com, Mari Kita Belajar Bersama Tentang Blogging, dan Internet Marketing
"Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan" [Q.S Luqman : 6]

Trik memainkan file audio / music bahkan video di web untuk semua browser

Bukan trik sih cuman aku baru nyoba aja, hehehe. bagaimana cara memainkan file audio / music misal berformat wav, mp3, wma bahkan file video melalui melalui website kita. ternyata mudah sekali.

Tapi karena kalian udah bisa semua ya uah deh gak jadi aku bahas. hehehe. eeee ternyata ada yang belum bisa ya! bagai yang udah bisa, ya gak usah dilanjuting mbacanya. Tapi yang belum ya boleh deh.

Jika kamu tahu tentang html, pernah denger tag BGSOUND gak?masak gak sih! heheh maaf meski gak juga gak papa kok gak penting, oh iya tag bgsound ini bisa digunakan untuk memainkan file audio, macam wav dan wma. kodenya sederhana aja. (asumsikan kita punya file audio bernama suara.wav)

< src="suara.wav">

Ya cuman itu aja udah bunyi. tapi bunyi cuman di IE aja di browser lain jangan harap. hehehe lalu gimana biar bisa di browser lain atau semua browser bunyi?? ya itu dia masalahnya.

Mungkin pake bantuan flash! jadi flash sebagai player audionya. mendengar itu beberapa temen gak setuju heheheh (termasuk aku sendiri). bukan karena apa tapi karena gak mau ribet maklum gaptek jadi gak pernah megang flash, mungkin pernah tapi gak mudeng2.

ternyata ada cara lain yang lebih sederhana dan berjalan disemua browser, yaitu dengan menggunakan HTML tag embed. Ya dengan meng-embed-ed file audio/video pada halaman web ternyata bisa "memaksa" semua browser untuk menjalankan file audio/video tersebut menggunakan player yang telah terinstal pada komputer.

Kalo pakai windows (maaf aku gak pernah makai linux, maklumlah newbie) beberapa file audio/video akan dijalankan menggunakan player engine "Windows Media Player" secara otomatis. beberapa ekstensi lain menggunakan player Quicktime (kebetulan Kompiku ada Quicktimenya).

Oh ya kodenya cuman begini aja

< src="suara.mp3">





Guampang kan?





Artikel yang berhubungan..