Selamat Datang Di Weblog http://delphiscript.blogspot.com, Mari Kita Belajar Bersama Tentang Blogging, dan Internet Marketing
"Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan" [Q.S Luqman : 6]

Animasi Opacity Saat Membuka dan Menutup Program

Mungkita kita pernah menjumpai sebuah aplikasi yang menerapkan animasi opacity pada saat membuka atau menutup program. Pada saatdijalankan form utama aplikasi tersebut tidak langsung muncul melainkan bertahap, dari tidak tampak, sedikit demi sedikit menjadi tampak dan akhirnya tampak jelas, begitu juga sebaliknya ketika aplikasi ditutup.

Sebenarnya hal itu sangat mudah dibuat, ya setidaknya menggunakan delphi 6 atau 7 dengan sistem operasi windows XP (Win 98 mungkin juga bisa).

Dalam hal ini kita menggunakan property AlphaBlendValue, properti ini bernilai 0 - 255, semakin tinggi nilainya, maka akan semakin jelas tampilan aplikasinya. jadi kalau nilainya nol, maka aplikasi nggak bakal terlihat alias hantu. Dan jangan lupa sebelum kita mengubah nilai dari property AlphaBlendValue maka kita harus mengeset property AlphaBlend menjadi True.

Berikut ini caranya, tambahkan event onActivate pada form utama (yang akan dijalankan ketika form aktif atau dibuka), dan tulis kodenya hingga seperti kode berikut ini :

procedure TForm1.FormActivate(Sender: TObject);
var i:byte;
begin
form1.AlphaBlend:=true;
for i:=0 to 255 do
form1.AlphaBlendValue:=i;
end;


Lalu tambahkan event onClose pada form utama (yang akan dijalankan ketika form ditutup), dan tulis kodenya hingga seperti kode berikut ini :

procedure TForm1.FormClose(Sender: TObject; var Action: TCloseAction);
var i:byte;
begin
form1.AlphaBlend:=true;
for i:=255 downto 0 do
form1.AlphaBlendValue:=i;
end;


Selamat mencoba ya!





Artikel yang berhubungan..